Hai sobat mulai belajar, pernah dengar pomodoro? Pasti Sebagian dari kalian pernah mendengar istilah tersebut kan?. Pomodoro adalah sebuah teknik belajar dengan menggunakan sistem manajemen waktu sehingga belajar dengan waktu yang lama tidak akan terasa melelahkan. Pomodoro merupakan terjemahan dari bahasa italia yaitu tomat, dan teknik ini terinspirasi dari sebuah timer waktu yang berbentuk seperti tomat. Lalu bagaimana cara kerjanya? Ketika kita belajar dengan menggunakan teknik pomodoro, belajar dibagi menjadi beberapa bagian yaitu  menjadi 25 menit per belajar kemudian 5 menit istirahat, setiap jeda istirahat disebut pomodoro. Setelah 4 kali melakukan pomodoro, maka teman-teman bisa mengambil waktu yang lebih lama lagi untuk istirahat, misalnya 15 – 20 menit istirahat.

Cara ini juga terbilang cukup efektif untuk membantu kalian yang sulit fokus ketika belajar. Apalagi ujian masuk universitas yang akan dilaksanakan sebentar lagi perlu belajar lebih giat dan membutuhkan banyak fokus untuk menghadapinya. Terlebih sekarang ini, ketika belajar banyak distraksi seperti internet, sosial media, chat dan gangguan-gangguan lainnya sehingga belajar menjadi kurang efektif karena membuang waktu percuma dengan teralihkan fokus pada distraksi-distraksi kecil tersebut.

Dengan menggunakan teknik pomodoro, belajar terasa lebih ringan dan lebih singkat karena setiap kali 25 menit kita memiliki waktu istirahat. Lalu bagaimana cara menerapkannya supaya belajar kita benar-benar efektif?

  1. Mantapkan diri untuk belajar dengan teknik pomodoro

Dalam belajar menggunakan teknik apapun perlu diawali dengan niat yang sungguh-sungguh. Dan jika ingin menggunakan pomodoro, maka harus konsisten untuk menerapkannya.

  1. Siapkan materi yang ingin dipelajari

Rencanakan mata pelajaran apa saja yang akan dipelajari dengan menggunakan teknik pomodoro. Hal ini akan memudahkan manajemen waktumu.

  1. Pasang timer

Pomodoro adalah manajemen waktu, jadi gunakan timer untuk membantu belajarmu. 25 menit untuk belajar dan 5 menit istirahat seterusnya sampai 4 kali lalu beristirahat selama 15-20 menit. Jika kamu tidak menggunakan timer maka bisa jadi rencana pomodoro akan susah untuk dilaksanakan karena tidak mengetahui waktu.

  1. Belajar dengan fokus

Ketika sesi belajar 25 menit, maka kamu harus benar-benar fokus untuk belajar, jangan sampai terdistraksi hape dan sosial media. kalau bisa matikan internet untuk fokus belajar dan jangan sampai ada gangguan sama sekali.

Nah, menarik sekali ya teknik pomodoro? Gimana sobat? Yuk kita coba mulai terapkan teknik ini ketika kita belajar dirumah apalagi menghadapi tes SBMPTN nanti. Untuk teman-teman yang kesulitan belajar selama di rumah dapat menghubungi www.mulaibelajar.id untuk membantu lebih mudah belajar selama di rumah aja.

Sumber:

https://www.kompas.com/edu/read/2020/04/30/132105071/sulit-fokus-untuk-belajar-utbk-di-rumah-coba-teknik-pomodoro-ini?page=all

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13344/Pomodoro-Technique-Teknik-Efektif-Untuk-Bekerja-Produktif.html

Leave a comment



Hubungi085921161017

Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi nomor di atas melalui WhatsApp.

Copyright © 2021 All Rights Reserved

Open chat
Ada Yang Bisa Mulaibelajar.id bantu?